(Resep) Ayam Goreng + Scrambled Egg + Kentang Goreng ala KFC McD

IMG_20160328_195445

Ayam goreng adalah salah satu menu favoritku. Sebelum hamil, aku suka sekali makan di McD. Mau gimanapun kata orang soal junk food yang satu ini. Hihihi. Setelah mengandung anak kacang, kunjungan ke waralaba ini super duper jarang. Alhasil bikin olahan ayam sendiri di rumah.

Beruntung aku nemu salah satu resep ayam goreng ala KFC melalui postingan  seorang Facebooker. Supaya komplit, aku juga cari tahu cara membuat scrambled egg ala McD dan kentang gorengnya di YouTube. Alhamdulillah hasilnya gak mengecewakan setelah dicoba. Cekidot ya…

Ayam Goreng ala KFC

Bahan utama:
Ayam potong paha atau sayap (6 potong)
Cuka (2 sdm)
Garam (1 sdm)
Air
Minyak goreng

Bumbu halus:
Bawang putih (5 siung)
Quaker oat (4 sdm)
Tepung terigu (2 sdm)
Tepung beras (2 sdm)
Telur ayam (1 butir)
Cabai rawit (10 buah, jika ingin hot crispy. Kalo mau original, gak pake cabai)
Ketumbar halus (½ sdm)
Lada hitam (1 sdm)
Garam (½ sdm)
Bubuk kaldu ayam (½ sdm, bisa diganti Royco ayam)
Air (5 sdm)

Cara memasak:
1. Rebus ayam bersama air, cuka, dan garam. Tujuannya untuk menghilangkan sisa bekas suntikan ternak yang biasa diberikan ke ayam potong. Rebus sekitar 20 menit. Angkat dan tiriskan.
2. Blender seluruh bumbu halus. Coba cicipi sedikit hasilnya untuk menyesuaikan rasa. Bumbu yang sudah diblender sebaiknya setengah kental (tidak cair) untuk memastikan bumbu menempel ke ayam. Salin bumbu halus ke dalam wadah tupperware ukuran sedang.
3. Goreng ayam yang sudah direbus hingga kekuningan atau setengah matang. Angkat dan tiriskan. Jika Anda punya microwave, ayam tak perlu digoreng setengah matang. Langkah ke-3 ini hanya untuk memastikan ayam matang sempurna.
4. Campurkan ayam yang sudah digoreng setengah matang ke dalam bumbu halus. Tutup wadah tupperware dan kocok ayam hingga terbalut rata oleh bumbu.
5. Masukkan ayam dalam wadah tertutup ke dalam kulkas, diamkan minimal 4 jam. Jika Anda terburu-buru, masukkan dalam freezer dan dinginkan selama 1-1,5 jam.
6. Panaskan minyak di dalam wajan atau teflon. Minyaknya yang banyak yaaaa. Pastikan seluruh bagian ayam terendam minyak saat digoreng. Ini kuncinya supaya ayam tidak lengket di wajan. Aduk sesekali saja supaya tepungnya gak rontok. Jika ayam goreng sudah kecoklatan, angkat dan tiriskan. Ayam goreng ala KFC ini siap disantap.
7. Langkah ke-7 tak diperlukan jika Anda mengikuti langkah ke-3. Jika Anda tidak mengikuti langkah ke-3, setelah ayam digoreng selanjutnya panaskan dalam microwave selama 3-5 menit untuk mengeringkan minyak dan menambah tingkat kematangan ayam bagian dalam. Selamat mencoba.

Scrambled Egg

Bahan:
Telur ayam (2 butir)
Susu kental manis (½ sdm)
Garam halus (¼ sdm)
Air (5 sdm)
Margarin (½ sdm)
Lada putih atau merica untuk taburan (¼ sdm)

Cara membuat:
1. Campurkan seluruh bahan dan kocok telur dengan garpu dengan kecepatan sedang sampai sedikit berbusa. Anda bisa juga memblendernya.
2. Panaskan margarin di atas teflon atau wajan dengan api kecik, ratakan ke seluruh bagian. Masukkan kocokan telur sembari diaduk dari nagian samping yang terlihat setengah matang ke bagian tengah. Ulangi orak atik telurnya sampai bewarna kuning.
3. Angkat dan beri taburan lada atau merica di atasnya. Dicocol dengan sambal juga bisa. Direkomendasikan sambal botol merek Delmonte atau Belibis. Maknyussss.

Kentang Goreng

Bahan (2 porsi):
Kentang ukuran sedang (3 buah)
Tepung maizena (2 sdm)
Tepung terigu (3 sdm)
Tepung beras (2 sdm)
Bubuk kaldu (2 sdm, bisa diganti Royco rasa ayam)
Garam (1 sdm)
Air dingin
Air untuk merebus kentang

Cara membuat:
1. Potong kentang berbentuk memanjang. Rebus kentang dengan air dalam kondisi terendam selama 3 menit saja atau setengah matang.
2. Angkat kentang yang sudah direbus dan langsung celupkan ke dalam air es atau air dingin yang sudah disediakan. Diamkan selama 3 menit lalu tiriskan.
3. Campurkan dan aduk seluruh bumbu, seperti tepung maizena, tepung terigu, tepung beras, bubuk kaldu, dan garam dalam wadah tupperware.
4. Masukkan kentang ke dalam wadah, tutup, lalu kocok sampai seluruh bagian kentang terbalur tepung.
5. Simpan sebentar kentang di dalam freezer, sekitar satu jam. Sebetulnya kentang sudah bisa langsung digoreng. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya kentang sempat didiamkan dalam freezer.
6. Panaskan minyak goreng. Masukkan kentang. Pastikan seluruh bagian kentang terendam minyak untuk menghindari kentang lengket. Goreng kentang sampai bewarna kekuningan. Angkat dan tiriskan.
7. Kentang goreng sudah bisa disantap. Anda bisa juga menaburkan bubuk barbekyu, lada hitam untuk variasi rasa, atau membiarkannya original. Selamat mencoba 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s