(Resep) Udang Saos Inggris

Menyimpan aneka kecap dan saos di dapur adalah hobiku sejak menikah. Selama ini aku hanya mengenal kecap manis, saos sambal, dan saos tomat saja, padahal ada banyak aneka kecap, mulai dari kecap asin, kecap pedas, kecap inggris, hingga kecap ikan. Ada juga minyak wijen, saos tiram, saos asam manis, saos teriyaki. Kini, semua itu lengkap…

(Resep) Onion Ring

Paling sebel itu beli onion ring di waralaba makanan jadi atau restoran-restoran di emol. Seporsinya minimal 25 ribu. Whatttt? Padahal kalo dihitung-hitung bikin sendiri di rumah itu bawang bombay satu gepok besar cuma Rp 5 ribu doang wang wang. Hehehe. Bawang bombay goreng ini camilan paling asik buat jadi temen nonton, sekali gigit langsung krenyes….

(Resep) Martabak Coffee Caramel

Ada dua jenis martabak, yaitu martabak manis dan martabak telur. Martabak manis populer lebih dulu di Bangka Belitung, sehingga tak heran banyak martabak bangka bertebaran di pelosok Nusantara. Beli martabak manis tentunya butuh uang. Bagamana jika bahan-bahan pembuatanya sesungguhnya ada di kulkasmu? Menu martabak berikut ini sangat sederhana dan bisa diikuti siapa saja. 

(Resep) Tim Ikan Sirip Kuning Saos Tiram

Ikan yang biasanya ditim adalah jenis kerapu, namun ternyata hal serupa bisa dimasak untuk ikan jenis lain yang berdaging padat, seperti ikan sulur atau ikan sirip kuning. Menu tim ikan sangat sehat karena tidak menggunakan minyak goreng juga santan. Setiap 100 gram ikan sirip kuning menyediakan 108 kalori yang dibutuhkan tubuh. Ikan ini juga sumber…

(Resep) Tumis Kikil Kacang Panjang

Tumis kikil paling sering dijumpai sebagai menu warteg. Rasanya sangat lezat dan bikin nagih. Seperti halnya daging sapi, kikil juga mengandung nutrisi seperti protein berbentuk kolagen, yang mengandung asam amino esensial. Kikil juga mengandung selenium, mineral untuk antioksidan tubuh. Kacang panjang juga sumber protein, vitamin B kompleks, serat, dan berbagai mineral, seperti kalsium, zat besi,…

(Resep) Ikan Panggang Pacak Bumbu Padang

Ikan panggang pacak bumbu padang ini sebetulnya berbahan sama dengan ikan gulai pada umumnya. Hanya saja, cara memasaknya adalah dengan dibakar. Panggang pacak ini bukan cuma khas Padang, Sumatra Barat, tapi juga dari Sibolga, Sumatra Utara. Bahan ikannya bukan cuma mujair, tapi juga bisa kakap atau gurame.

(Resep) Jagung Susu Keju

Jagung adalah bahan makanan untuk camilan yang bahasannya gak bakal ada habisnya. Jagung disukai mulai dari anak kecil sampai dewasa. Ada jagung bakar, jagung rebus, perkedel jagung, bakwan jagung, bubur jagung, hingga resep simpel bernama jagung susu keju alias jasuke. Generasi 90-an pastinya sering menemukan camilan ini waktu masih duduk di bangku SD. Yuk, bernostalgia…

(Resep) Ayam Pop

Daging ayam bisa dibuat berbagai olahan, salah satunya ayam pop. Ini merupakan masakan khas Sumatera Barat yang sangat populer di rumah makan padang mana pun. Bagi orang Minang yang merantau jauh dari kampung halamannya sesekali pasti kangen dengan menu ini. 

(Resep) Pancake Apel

Pancake adalah salah satu menu favorit untuk sarapan atau bekal. Awalnya aku dan mas beli pancake stroberi untuk menu penutup waktu makan bareng di Dimsum Diponegoro, Denpasar. Rasanya enaaaak banget. Aku kepikiran bikin sendiri, tapi bagaimana caranya biar praktis? Akhirnya nemu salah satu resepnya di laman fesbuk dr Mitha. Langsung dieksekusi deh dengan peralatan sederhana,…

(Resep) Timus Ubi Goreng

Timus adalah salah satu camilan yang dibuat dari ubi, baik itu ubi jalar maupun ubi rambat. Rasanya manis dan bikin nagih. Terbukti, Pak Bogara suka. Hehehe. Anda bisa membuat timus ini hanya dengan bahan ubi saja atau bisa juga dengan aneka isian, mulai dari selai coklat, nanas, stroberi, atau srikaya. 

(Resep) Onde-Onde Labu Kuning

Labu kuning sangat rendah kalori. Per 100 gramnya hanya mengandung 26 kalori. Ini cocok untuk ibu hamil sepertiku yang suka sekali makan. Hehehe. Meski hamil, kenaikan berat badan tetap terkontrol dong. Jadi, gimana caranya makan enak tanpa perlu khawatir kesehatan janin dan kenaikan berat badan secara drastis. Labu kuning juga termasuk sayuran yang direkomendasikan para…

(Resep) Ongol-Ongol Labu Kuning

Ongol-ongol sejatinya berbahan dasar ubi. Kali ini aku mencoba bereksperimen seperti ibu, mengganti bahannya dengan labu kuning. Kebetulan pas ke pasar, aku beli satu buah labu kuning kecil untuk bahan kolak. Sisanya ternyata masih banyak. Supaya tidak bosan, labu kuning ini bisa dibuat sebagai bahan makanan lain, hanya tinggal menambahkan tepung-tepung berbeda, mulai dari yang…