Rumah Tangga

Tiga Tahun untuk Selamanya (3 Years of Marriage)

10155509_10203566783959124_6615040398419216182_n

Tiga tahun? Melihat angka ini mungkin banyak yang bilang aku dan mas masih pengantin baru, suami istri kemaren sore. Betul, kami masih perlu banyak belajar dan menjalani pahit manis pernikahan. Betul, kami masih seujung kuku hidup berumah tangga, dibanding pasangan lain yang mungkin sudah menyentuh angka dobel digit, 10, 15, atau bahkan 20 tahun. Tapi, bagiku, ketika dua orang memutuskan menikah, meski baru satu tahun pun, mereka sesungguhnya sudah belajar banyak hal tentang kehidupan pascamenikah.  Continue reading “Tiga Tahun untuk Selamanya (3 Years of Marriage)”

Rumah Tangga

We Made It: Ultah ke-2 Pernikahan

CYMERA_20160215_184517

Duduk manis di depan laptop setelah pekan kemarin sibuk bolak-balik liputan Denpasar-Nusa Dua untuk acara Bali Clean Energy Forum (BCEF). Kuluangkan kembali waktu di sela pekerjaan untuk menikmati kembali rumah.

14 Februari 2016 adalah hari bersejarah. Dua tahun lalu, seorang teman yang baru saja tiga bulan kukenal mengungkapkan cintanya padaku. Cintanya beda, bukan cinta sebatas coklat, mawar, atau boneka di Hari Valentine, tapi cinta yang mengikatku sebagai teman hidupnya lewat ijab qabul dan cincin pernikahan.  Continue reading “We Made It: Ultah ke-2 Pernikahan”

Rumah Tangga

I Like Make Up, but My Husband Doesn’t

Foto: Vector Make Up Girl
Foto: Vector Make Up Girl

Ada sebuah joke tentang perbedaan istri cantik dan jelek di mata suami. Kalo istri cantik cemberut, suami bilang, “Biar kamu cemberut, teteup cantik kok.” Tapi, kalo istri jelek cemberut, suami komentarnya, “Muka udah kerut, makin mengerut deh.”

Ada lagi, kalo istri cantik gak sempat masak, suami bilang, “Gak papa, malam ini kita makan di luar aja ya?” Sebaliknya, kalo istri jelek lupa masak, suami bilangnya, “Masak aja malas. Percuma udah dibeliin kompor gas.” 😀

Atau ini, kalo istri cantik gak dandan pas jalan keluar, suami bilang, “Kamu dandan gak dandan teteup aja cantik, sayang.” Tapi, kalo istri jelek gak dandan pas jalan keluar, suami bilang, “Cantik dikit dong. Ntar dikira aku jalan sama ibuku lagi.”  Continue reading “I Like Make Up, but My Husband Doesn’t”

Rumah Tangga

Ketika Suami Tercinta Pulang Kerja Malam

Muthe Bogara:
“Sayang, where are you? Whatsapp Tia pending terus. Udah mau berbuka mas.”

Rifki Bogara:
“Sayang, bentar ya, ada 500 BTS mati. Teman-teman mas masih pada di kantor. Se-Bali gak bisa nelepon dan internet sayang.”

Muthe Bogara:
“Ya mas, ndak papa. Tia cuma khawatir aja ndak ada kabar dari mas.”

Rifki Bogara:
“Suami sayang orang Telkomsel. Sayang juga pakai Telkomsel. Kalo gak bisa nelepon se-Bali, sayang dah tahu lah ya. Hehehe.”

Muthe Bogara:
“Ya, Tia tahu kok pasti mas sedang sibuk tadi. Hehehe. Mas mau pulang malam lagi?”

Rifki Bogara:
“Sepertinya begitu sayang. Sayang, nanti abis tarawih bobok duluan aja ya? Ini belum selesai. Nanti, kalo mas balik, mas kabarin yah. I love you.”

Muthe Bogara:
“Oke mas, silakan dilanjut. Mas buka puasa dan makannya jangan telat di sana ya. Met berbuka puasa sayang. I love u too”

Rifki Bogara:
“Support istri, alhamdulillah Ya Allah. Met berbuka puasa juga sayang.”  Continue reading “Ketika Suami Tercinta Pulang Kerja Malam”

Rumah Tangga

Ketika Istri Belajar Memasak untuk Suami

Saat memutuskan siap untuk menikah dulu, aku terus berpikir serius tentang bagaimana cara membumbui kehidupan pernikahan kami nanti? Sehari setelah resepsi, di rumahku di Pasaman Barat, aku melihat betapa lahapnya mas menyantap sarapan pagi buatan ibuku. Nasi panas, rendang lokan (kerang), ikan kembung bakar, sayur tumis, dan segelas teh manis hangat.

Pernah menonton film ‘Julie & Julia’ ? Film ini mengajarkan pada kita bahwa makanan bisa membuat pasangan saling memahami satu sama lain. Makanan bisa mengikat hubungan suami istri semakin erat. Thomas Wolfe, novelis Amerika yang terkenal pernah mengatakan, “Tidak ada pemandangan lebih indah di muka Bumi ini selain melihat seorang wanita membuat makan malam untuk orang yang dia cintai.” You know what? Aku semakin sadar, food is sensual!  Continue reading “Ketika Istri Belajar Memasak untuk Suami”

Rumah Tangga

Berpisah Sebelum Berjumpa

Semua orang pernah menunggu, menunggu apapun itu. Menunggu datangnya jodoh, menunggu jadwal cuti tiba, menunggu tanggal gajian, menunggu dosen pembimbing skripsi, atau sekadar menunggu bus Transjakarta jurusan Ragunan-Monas seperti yang setahun lalu selalu kulakukan ketika hendak liputan ke Kawasan Thamrin, Merdeka, dan sekitarnya.

Menungguku kali ini beda, sejak lima bulan lalu tepatnya, dan kini tinggal cerita. Menunggu hari-H berjumpa dengan seorang anak laki-laki yang kupastikan akan menyaingi ayah dan suamiku sebagai pria paling tampan di dunia ini. Merekalah yang selalu membuatku jatuh hati.  Continue reading “Berpisah Sebelum Berjumpa”